Sunday, September 8, 2013

11:17 PM


I.      Mengoperasikan Microsoft Word
              A.    Membuka Microsoft Word
Untuk membuka Microsoft Word ada 2 cara, yaitu :
1.      Double Click icon Microsoft Word pada Desktop

2.      Click Start à Programs à Microsoft Office à Microsoft Word 2007


B.    Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, ada 2 cara yang dapat menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
      1.      Clik start  atau tekan Alt+F pilih New lalu pilih Blank Document
2.     
Tekan Ctrl+N pada keyboard
C.     Membuka File yang sudah Tersimpan
Ada beberapa cara untuk membuka file yang telah tersimpan dalam folder komputer kalian, antara lain :
1.      Clik start   atau tekan Alt+F pilih Open
2.      Tekan Ctrl+O pada keyboard
Dari ketiga cara di atas, akan menghasilkan tampilan kotak dialog Open File, pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu. Click tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.



D.    Menyimpan Dokumen
Segera setelah memulai penulisan sebuah dokumen sedapat mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini bertujuan untu menghindari dari hilangnya dokumen.
Ada beberapa cara untuk menyimpan file dalam folder komputer kalian, antara lain:
1.      Clik start    atau tekan Alt+F pilih Save As
2.      Klik icon Save pada ribbon
3.      Tekan Ctrl+S pada keyboard
Kemudian akan ditampilkan kotak Dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen anda, dan Click Save.



E.    Menutup File Dokumen
Clik start  atau tekan Alt+F pilih Close


F.     Menutup Jendela Microsoft Word
Pada saat menutup jendela Microsoft word, anda pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen telah tersimpan dengan benar.
Clik start atau tekan Alt+F pilih Exit Word

I.      Mengedit Teks
Jika anda membuat kesalahan selama penulisan teks, Anda dapat memperbaikinya dengan :
1.      Tekan tombol BacksSpace pada keyboard untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
2.      Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
3.      Tekan Ctrl+Y pada keyboard, untuk melakukan pengualangan teks (repeat).
4.      Tekan Ctrl+Z pada keyboard atau klik icon Undo  pada ribbon, untuk menghapus teks
5.      Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.

A.    Mengcopy Teks
Untuk meng-copy teks yang anda pilih ke lokasi lain, lakukan :
1.      Block teks yang akan anda copy
2.      Click icon copy  pada ribbon
3.      Click icon paste  pada ribbon
Selain cara copy-paste di atas, ada juga cara lain dengan menggunakan keyboard. Untuk mengcopy gunakan Ctrl+C sedangkan untuk paste gunakan Ctrl+V.

B.     Memformat Teks
Anda dapat mengatur format teks dengan menggunakan salah satu cara berikut ini :
1.      Block teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
2.      Tempatkan kursor pada posisi awal kemudian mengatur formatnya. Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi awal akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain dari dokumen.
Untuk mengatur teks anda dapat menggunakan grup Font yang ada pada ribbon.


Tunggu kelanjutan tutorialnya :)

0 comments:

Post a Comment