I.
Mengoperasikan
Microsoft Word
A.
Membuka
Microsoft Word
Untuk membuka Microsoft
Word ada 2 cara, yaitu :
1. Double Click icon
Microsoft Word pada Desktop
2. Click
Start à Programs à Microsoft Office à Microsoft Word 2007
B.
Membuat
Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan
Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap
untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen
kosong, ada 2 cara yang dapat menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
1. Clik start atau tekan Alt+F pilih New lalu pilih Blank Document
2. Tekan Ctrl+N pada keyboard
2. Tekan Ctrl+N pada keyboard
C.
Membuka
File yang sudah Tersimpan
Ada
beberapa cara untuk membuka file yang telah tersimpan dalam folder komputer
kalian, antara lain :
1. Clik start atau tekan Alt+F pilih Open
2.
Tekan Ctrl+O pada keyboard
Dari ketiga cara di atas, akan menghasilkan tampilan kotak dialog Open
File, pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih
dahulu. Click
tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
D.
Menyimpan
Dokumen
Segera setelah memulai penulisan sebuah dokumen sedapat mungkin dilakukan
penyimpanan. Hal ini bertujuan untu menghindari dari hilangnya dokumen.
Ada beberapa cara untuk menyimpan file dalam folder komputer kalian, antara
lain:
1. Clik start atau tekan Alt+F pilih Save As
2.
Klik icon
Save pada ribbon
3.
Tekan Ctrl+S pada keyboard
Kemudian akan ditampilkan kotak Dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen
anda, dan Click Save.
E.
Menutup
File Dokumen
Clik start atau tekan Alt+F pilih Close
F.
Menutup
Jendela Microsoft Word
Pada saat menutup jendela Microsoft word, anda pastikan terlebih dahulu
bahwa dokumen telah tersimpan dengan benar.
Clik start atau tekan Alt+F pilih Exit Word
I.
Mengedit
Teks
Jika anda membuat kesalahan selama penulisan
teks, Anda dapat memperbaikinya dengan :
1.
Tekan tombol BacksSpace pada keyboard untuk menghapus satu
karakter di kiri titik sisip.
2.
Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus karakter
di kanan titik sisip.
3.
Tekan Ctrl+Y pada keyboard, untuk
melakukan pengualangan teks (repeat).
4.
Tekan Ctrl+Z pada keyboard atau klik icon Undo pada ribbon, untuk menghapus teks
5. Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan
tombol Shift+Enter.
A.
Mengcopy
Teks
1. Block teks yang akan anda copy
2. Click icon copy pada
ribbon
3. Click icon paste pada ribbon
Selain cara copy-paste di atas,
ada juga cara lain dengan menggunakan keyboard. Untuk mengcopy gunakan Ctrl+C
sedangkan untuk paste gunakan Ctrl+V.
B.
Memformat
Teks
Anda dapat mengatur format teks dengan
menggunakan salah satu cara berikut ini :
1. Block teks yang akan anda format, kemudian
atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
2. Tempatkan kursor pada posisi awal kemudian
mengatur formatnya. Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari
posisi awal akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan
perubahan kembali atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain dari dokumen.
Untuk mengatur teks anda dapat menggunakan
grup Font yang ada pada ribbon.
Tunggu kelanjutan tutorialnya :)
Tunggu kelanjutan tutorialnya :)
0 comments:
Post a Comment