Thursday, September 20, 2012

7:47 PM
4. MEMBUAT PRESENTASI BARU DENGAN FASILITAS BLANK PRESENTATIONS

Untuk menyiapkan dan membuat presentasi baru yang masih kosong dengan fasilitas Blank Presentations,ikuti langkah berikut ini :
  • Pilih dan klik Office button > New. Lihat gambar berikut ini :

    Oleh karena anda ingin menyiapkan presentasi baru yang masih kosong,pada bagian New yg ada di Task Pane,klik Blank Presentations. Jendela presentasi baru yang masih kosong dengan Task Pane – slide layout akan ditampilkan. Lihat gambar berikut :

    Selain dengan cara diatas,dapat juga menyiapkan presentasi yang masih baru dengan mengklik tombol toolbar New atau menekan tombol Ctrl+N. dengan langkah ini presentasi yang masih kosong akan ditampilkan.

    a. MEMBUAT PRESENTASI BARU DENGAN MEMANFAATKAN TEMPLATE YANG ADA
Pada saat membuat presentasi baru,anda juga dapat memanfaatkan template-template yang sudah disediakan oleh Microsoft PowerPoint. Untuk menggunakan template-template tersebut,ikuti langkah berikut ini :
  1. Pilih dan klik Office Button >New. Jendela Task PaneNew Presentations akan ditampilkan.
  2. Oleh karena anda ingin menyiapkan atau membuka presentasi baru dengan dasar template tertentu, pada bagian New yang ada di Task Pane,klik Installed Template. Jendela presentasi yang masih baru yang masih kosong dengan Task Pane – slide Design akan ditampilkan.
b. MENYIMPAN PRESENTASI
Ketika anda membuat rancangan presentasi,sebaiknya lakukan proses penyimpanan dengan secara berkala,agar presentasi yang anda buat tetap aman dan tidak hilang bila tiba-tiba mati listrik atau computer mengalami gangguan. Untuk menyimpan presentasi dengan seluruh slidenya,ikuti langkah berikut ini :

  1. Pilih dan klik menu Office Button > Save (Ctrl + S) atau klik tombol toolbar Save. Apabila anda menyimpan presentasi untuk pertama kali,kotak dialog Save As akan ditampilkan. 
  2. Untuk menyimpan ulang presentasi yang pernah anda simpan tanpa mengubah nama filenya, pilih menu File > Save (Ctrl + S) atau klik tombol Save
  3. Sedangkan untuk menyimpan presentasi yang anda pernah simpan dengan nama lain pilih dan klik menu File > Save As.
PowerPoint 2007 menyediakan beberapa layout (tampilan) yang dapat digunakan untuk memperindah presentasi. Langkah-langkah yang dilakukan dalam layout presentasi adalah:
  1. Klik Office Button dan pilih New untuk membuat slide baru.
  2. Kemudian klik Blank and Rescent dan klik tombol Create 
  3. Setelah slide pertama tampil pada area kerja tampil,ubah layout slide dengan cara klik tombol Layout pada Tab Home didalam Grup Slides.
  4. Jendela Office Theme akan tampil sebagai berikut :
Presentasi yang telah anda simpan,dapat anda tutup dengan memilih dan mengklik menu Office Button > Exit PowerPoint

Materi Selanjutnya : 7. MEMBERI WARNA ATAU MOTIF PADA LATAR BELAKANG ► 

0 comments:

Post a Comment