Thursday, December 20, 2012

9:17 PM
1
Konsisten seperti jam
Sering sekali kita melihat tampilan presentasi yang membuat audience tidak nyaman karena penggunaan warna yang mencolok, penggunaan huruf, dan format desain yang tidak tertata dengan baik.
Jika Anda ingin meningkatkan tampilan presentasi Anda menjadi lebih profesional. Anda harus memastikan bahwa slide Anda konsisten.
Oscar Wilde pernah berkata "Consistency is the last refuge of the unimaginative." artinya "Konsistensi adalah perlindungan terakhir dari imajinatif", dari perkataan itu bahwa slide haruslah konsisten. Saya tidak bermaksud untuk membatasi kreativitas Anda, justru sebaliknya, itu supaya mengurangi gangguan dalam slide presntasi Anda. Saya sarankan untuk menghilangkan ketidakkonsistenan tersebut karena dapat berimbas buruk terhadap presentrasi Anda.
Ada beberapa klasifikasi berikut yang bisa Anda terapkan untuk mendapat lebih banyak keuntungan dari konsistensi slide.
  1. Warna : Anda pasti tidak inginkan memasukan seluruh warna dalam pelangi kedalam slide presentasi Anda bukan ?, untuk itu Anda harus membatasi penggunaan warna dan memakainya disemua slide presentasi Anda, selain itu Anda harus memperharikan kesesuai tema slide, anda juga bisa memanfaatkan tema warna yang sudah built-in.
  2. Jenis Huruf : Ada 200 lebih font ter-install pada Ms. Office 2007, tentu Anda tidak perlu menggunakan lebih dari 3 jenis dalam suatu slide. Jika terlalu banyak jenis huruf yang ada dalam slide presentasi itu akan mengalihkan perhatian audience dan membuatnya kurang efektif.
  3. Gambar : terkadang dalam beberapa presentasi akhinya tampak seperti kolase sekolah dasar (SD).
    Bila Anda ingin menggunkan beberapa gambar sepanjang presentasi Anda, pastikan bahwa gambar tersebut terlihat profesional dan sesuai dengan gaya slide presentasi Anda.
  4. Isi : Saat Anda membuat konten, tentu Anda harus konsisten terhadap isi dari konten tersebut, jangan samapai keluar dari subtansi konten tersebut.
Dengan fokus pada konsistensi slide presntasi Anda sangat dapat meningkatkan citra profesional dalam slide Anda, dari pada memikirkan hal yang dapat menggangu penonton dengan hal yang tidak mereka inginkan, dengan sadar pentingnya konsistensi akan memungkinkan Anda untuk membuat prsentasi lebih jelas dan efektif. Saya sangat merekomendasikan ini untuk presentator slide presentasi bisnis Anda.

Sumber referensi : Powerpointninja

1 comments: